Selasa, 28 Oktober 2014

Soto Dhog Pahlawan by Pak Karman


Jombang memang belum punya makanan khas yang terkenal seantero negri. Meski ada Nasi Kikil dan Pecel Lele yang mulai digemari pelancong yang melintas di Jombang, Soto Dhog tetap menjadi makanan yang katanya asli dari Jombang. Dengar-dengarnya sih, Pak Bupati akan mengesahkan Soto Dhog sebagai makanan khas dari Jombang BERIMAN. Semoga segera ya.





Di Jombang banyak penjual Soto Dhog yang orang Jawa bagian barat menyebutnya dengan Soto Gebrak karena ciri khasnya yang menggebrak menja dengan botol. Selain Soto Dhog Stadion Merdeka, di Jombang juga ada Soto Dhog Pasar Senggol, dan Soto Dhog Pahlawan. Kali ini Jombang City Guide andok di Soto Dhog Pahlawan yang dikelola oleh Pak Karman cs.



Tiga orang pria yang menurut Jombang City Guide cukup berotot dengan sigap melayani pelanggan yang datang, baik yang andok maupun untuk yang bungkus dibawa pulang. Pelayanan yang cepat dengan khas gebrak meja ala Soto Dhog disajikan di sini. Bahkan mungkin karena saking seringnya menggebrak, meja rombong Soto Dhog Pak Karman sampai membekas bekas gebrakan.

Bekas Gebrakan Botol


Seperti Soto Dhog pada umumnya, Soto Dhog Pahlawan ini menyajikan Soto Daging di tiap mangkuknya, dan yang ditaburi dengan ijo-ijo, bawang goreng dan kecambah. Bila ingin menambah lauk, maka pilihan tersedia di tiap meja andokers sekalian berupa perkedel, babat, jantung, kebuk, dan jerohan lainnya.


Wakul Nasi Berbungkus Kain
Kaos Sego Kikil Jombang City Guide by Kaos Abang Idjo

Selain seperti Soto Dhog yang memang selalu menggebrak botol saat penyajian, wakul nasi di Soto Daging Pahlawan ini juga dibungkus dengan kain putih layaknya Soto Dok pada umumnya. Khas wakul yang 'dibajui' kain putih yang mirip pocong ini  (xixixixi........) juga tampak di Soto Dhog Stadion Merdeka. 





Tersedia varian minuman berupa limun jeruk disini, sehingga Jombang City Guide yang sedang berkaos gambar Segi Kikil by kaos Abang Idjo pastilah memilih segelas jeruk hangat sebagai teman makan. Hehehhe……… karena langsung minum teh setelah makan memang kurang bagus untuk kesehatan.




Berbeda dengan Soto Dhog lain yang hanya buka di sore hari saja, atau di pagi hari saja, Soto Dhog Pak Karman ini bisa menjadi pilihan kita setiap saat, karena buka pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.  Buka setiap hari di Jalan Pahlawan no. 11, tepat di toko peralatan dan perlengkapan jahit ‘Pahlawan’ yang juga ada di eks Jalan Pahlawan yang kini sudah berubah nama menjadi Jalan Siliwangi, Soto Dhog Pak Karman ini sangat bisa menjadi jujugan bagi perut yang lapar bukan di jam makan. Heheheh…………….


Soto Dhog Pahlawan by Pak Karman
Jl. Pahlawan 11 Jombang
Buka pukul 06.00 WIB – 21.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...