Kamis, 24 April 2014

Pendopo Kabupaten Jombang

Foto Lawas Pendopo Kabupaten Jombang

Foto diatas adalah foto lama yang mengilustrasikan bagaimana bentuk Pendopo Kabupaten Jombang yang katanya dipotret di tahun 1930. Foto, atau (mungkin) gambar diatas adalah salah satu potret bangunan lama di Jombang yang tersisa yang bisa diambil foto dulu dan kini-nya. 



Dari bentuknya, tampak pendopo Jombang seperti rumah-rumah warga Indonesia pada umumnya, samasekali berbeda dengan rumah-rumah Belanda di masa itu. Padahal di masa itu Jombang masih berada dalam fase penjajahan Belanda, dimana biasanya bangunan-bangunan didesain dengan arsitektur khas Belanda yang bercirikan atap tinggi dan pilar-pilar besar yang berbentuk silinder.



Dari gambar tampak pilar awalnya berbentuk silinder, namun terlihat setelah renovasi sepertinya sudah diubah menjadi style Indonesia. Meski bentuknya sedikit diubah, tapi tetap menyisakan bentuk intinya.

Kaos Lego Besut by Kaos Abangidjo

Saat Jombang City Guide mampir untuk izin mengambil gambar, tampak petugas jaga yang ramah mempersilakan kami untuk berfoto di depan Pendopo Kabupaten Kota Kelahiran kami. *Terimakasih banyak ya pak, sudah membolehkan kami untuk melakukan pemotretan*


Kini bangunan pendopo mungkin sudah banyak berubah dengan banyak tambahan bangunan di sampingnya termasuk renovasi taman. Termasuk pohon beringin di sana-sini yang menambah rimbunnya area Pendopo, tanpa menimbulkan kesan angker seperti cerita warga mengenai Ringin Conthong di titik nol Jombang.


Seperti bangunan-bangunan di Jombang saat ini, bangunan Pendopo Kabupaten Jombang ini tak bisa menghindari dari jeratan kuningisasi di setiap sudut. Sehingga semua tempat serasa berwarna hijau dan kuning, tidak lagi seperti di Jombang yang identik dengan ijo dan abang


Monggo bagi yang mau foto juga, boleh kok sama pak petugasnya…. Pak Petugasnya baik….

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...